BAB I
A.
LATAR
BELAKANG
Peserta belajar dengan kemampuan yang
bervariasi sering dijumpai pada suatu proses pembelajaran. Kemampuan yang
bervariasi dapat berupa perbedaan kesanggupan, keterampilan, intelegensi,
potensi, dan pengetahuan awal dalam mengikuti proses belajar.
Pada pembelajaran bidang study matematika,
siswa dengan kemampuan mengikuti proses pembelajaran yang bervariasi secara
logis dapat menimbulkan konsekuensi yang serius, yaitu variasi akan
berkelanjutan dengan perbedaan kemampuan antar siswa dapat semakin besar. Hal
ini utamnya disebabkan oleh materi awal
pada matematika, berkaitan erat dengan materi selanjutnya.
Salah satu tujuan dari mempelajari
matematika adalah siswa dapat menguasai konsep sehingga dapat menyelesaikan
masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pengajaran matematika juga
dimaksudkan untuk pembentukan sikap positif terhadap matematika, sehingga
merasa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan
penulis di SMP Muhammadiyah Ciledug selama proses kegiatan belajar mengajar di
sekolah berlangsung, siswa hanya belajar matematika pada saat guru jam
pelajaran matematika berlangsung. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang
mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah. Siswa kurang termotivasi untuk
mengulang kembali pelajaran yang telah di jelaskan oleh guru ataupun mengikuti
bimbingan matematika yang diselenggarakan di luar jam sekolah.
Untuk mengantisipasi keadaan tersebut guru
sangat memegang peranan penting untuk mengupayakan metode pembelajaran yang
cocok sehingga siswa dapat memahami dan menguasai pelajaran matematika. Salah
satu metode yang dilakukan adalah pemberian tugas pekerjaan rumah. Siswa
diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajarnya, sehingga terjadi
pengulangan dan penguatan terhadap materi yang diberikan di sekolah dengan
harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa.
B.
PERUMUSAN
DAN PEMECAHAN MASALAH
Perumusan
Masalah
Apakah melalui tehnik pemberian tugas
pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar bagi siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Ciledug ?
Pemecahan
Masalah
Siswa yang mendapat perhatian dan
perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula
dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan
diberikannya perlakuan dan perhatian yang lebih baikdalam belajar di sekolah
maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan keterampilan atau
konsep terhadap mata pelajaran yang dipelajarinya. Dengan pemberian PR secara
rutin dan terorganisir dengan baik paling tidak mampu mengkondisikan dalam
bentuk motivasi ekstrinsik bagi siswa itu sendiri.
Moh. Uzer (1996: 29) menjelaskan “Motivasi
ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena
adanya ajakan atau paksaan orang lain, sehingga dengan kondisi yang demikian
akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar”.
Demikian halnya dengan guru memberikan PR
dengan harapan baik itu dirasa memaksa bagi siswa harus belajar. Dengan pola
demikian tentunaya anak yang lebih banyak belajar di rumah akan lebih baik misalnya
dalam mata pelajaran yang dikerjakan.
C.
TUJUAN
PENELITIAN
1. Tujuan
Umum
Tujuan penelitian
yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk
meningkatkan belajar di rumah.
2. Tujuan
Khusus
Adapun tujuan khusus dari
penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah melalui pemberian pekerjaan rumah
dapat meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Ciledug.
D.
MANFAAT
PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan dappat
bermanfaat bagi:
a. SMP
Muhammadiyah Ciledug
Dengan
hasil penelitian ini diharapkan kelas VII SMP Muhammadiyah Ciledug dapat lebih
meningkat pemberdayaan pemberian pekerjaan rumah (PR) agar prestasi belajar
siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain.
b. Guru
Sebagai
bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan dikelasnya.
c. Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk
memanfaatkan pekerjaan rumah (PR) dalam rangka meningkatkan prestasi
belajarnya.
No comments:
Post a Comment