Wednesday, December 2, 2015

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEKHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH BAGI SISWA KELAS VII SMP - BAB 1

BAB I
A.      LATAR BELAKANG
Peserta belajar dengan kemampuan yang bervariasi sering dijumpai pada suatu proses pembelajaran. Kemampuan yang bervariasi dapat berupa perbedaan kesanggupan, keterampilan, intelegensi, potensi, dan pengetahuan awal dalam mengikuti proses belajar.
Pada pembelajaran bidang study matematika, siswa dengan kemampuan mengikuti proses pembelajaran yang bervariasi secara logis dapat menimbulkan konsekuensi yang serius, yaitu variasi akan berkelanjutan dengan perbedaan kemampuan antar siswa dapat semakin besar. Hal ini utamnya disebabkan  oleh materi awal pada matematika, berkaitan erat dengan materi selanjutnya.
Salah satu tujuan dari mempelajari matematika adalah siswa dapat menguasai konsep sehingga dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pengajaran matematika juga dimaksudkan untuk pembentukan sikap positif terhadap matematika, sehingga merasa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis di SMP Muhammadiyah Ciledug selama proses kegiatan belajar mengajar di sekolah berlangsung, siswa hanya belajar matematika pada saat guru jam pelajaran matematika berlangsung. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah. Siswa kurang termotivasi untuk mengulang kembali pelajaran yang telah di jelaskan oleh guru ataupun mengikuti bimbingan matematika yang diselenggarakan di luar jam sekolah.
Untuk mengantisipasi keadaan tersebut guru sangat memegang peranan penting untuk mengupayakan metode pembelajaran yang cocok sehingga siswa dapat memahami dan menguasai pelajaran matematika. Salah satu metode yang dilakukan adalah pemberian tugas pekerjaan rumah. Siswa diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap materi yang diberikan di sekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa.

B.       PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
Perumusan Masalah
Apakah melalui tehnik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar bagi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Ciledug ?
Pemecahan Masalah
Siswa yang mendapat perhatian dan perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan diberikannya perlakuan dan perhatian yang lebih baikdalam belajar di sekolah maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan keterampilan atau konsep terhadap mata pelajaran yang dipelajarinya. Dengan pemberian PR secara rutin dan terorganisir dengan baik paling tidak mampu mengkondisikan dalam bentuk motivasi ekstrinsik bagi siswa itu sendiri.
Moh. Uzer (1996: 29) menjelaskan “Motivasi ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan atau paksaan orang lain, sehingga dengan kondisi yang demikian akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar”.
Demikian halnya dengan guru memberikan PR dengan harapan baik itu dirasa memaksa bagi siswa harus belajar. Dengan pola demikian tentunaya anak yang lebih banyak belajar di rumah akan lebih baik misalnya dalam mata pelajaran yang dikerjakan.

C.      TUJUAN PENELITIAN
1.      Tujuan Umum
Tujuan penelitian yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan belajar di rumah.
2.      Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah melalui pemberian pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Ciledug.

D.      MANFAAT PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan dappat bermanfaat bagi:
a.    SMP Muhammadiyah Ciledug
Dengan hasil penelitian ini diharapkan kelas VII SMP Muhammadiyah Ciledug dapat lebih meningkat pemberdayaan pemberian pekerjaan rumah (PR) agar prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain.
b.    Guru
Sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan dikelasnya.
c.    Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk memanfaatkan pekerjaan rumah (PR) dalam rangka meningkatkan prestasi belajarnya.

No comments: