Wednesday, December 2, 2015

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEKHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH BAGI SISWA KELAS VII SMP - BAB 3

BAB III
METODE PENELITIAN

A.      METODE PENELITIAN
1.        Tempat Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah Ciledug, kecamatan ciledug, kabupaten Cirebon. Penulis mengambil lokasi tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subjek penelitian sangat sesuaii dengan profesi penulis.
2.        Waktu Penleitian
Waktu pelaksanaanya adalah pada bulan oktober untuk siklus I, Bulan oktober untuk siklus II, dan desember untuk siklus III.

B.       SUBJEK PENELITIAN
Penelitian tindakan kelas dilakukan di SMP Muhammadiyah Ciledug pada kelas VII A semester 1.

C.      RANCANGAN PENELITIAN
a.        Siklus I
Langkah-langkah dalam siklus I antara lain:
1.         Perencanaan
i)     Menyiapkan RPP
ii)   Menyiapkan materi pelajaran
iii) Menyiapkan soal-soal latihan
iv)  Menyiapkan soal pekerjaan rumah (PR)
2.         Tindakan
i)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
ii)   Guru menyampaikan materi sesuai RPP dalam pembelajaran matematika
iii) Guru memberikan soal / maslah yang berhubungan dengan materi yang disampaikan.
iv)  Siswa diberi PR
3.         Pengamatan
Mengamati terjadinya peningkatan keterampilan belajar siswa yang ditandai dengan adanya rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru.
4.         Refleksi
Mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang sudah berjalan untuk memperbaiki kegiatan pada siklus berikutnya.
b.        Siklus II
kegiatan siklus II sama dengan kegiatan siklus I. pada siklus II merupakan perbaikan semua kekurangan pada siklus I.
c.         Siklus III
Kegiatan siklus III sama dengan siklus I dan II. Pada siklus III dilakukan untuk melakukan penyempurnaan oada siklus I dan II, sehingga minat pembelajaran matematika dengan metode pemberian tugas pekerjaan rumah menjadi meningkat.

D.        TEKNIK  PENGUMPULAN DATA
Data-data  hasil  penelitian ini diperoleh dari:
1.      Data mengenai tingkat kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal matematika   yang diambil dari tes awal dan  tes akhir tiap siklus
2.      Data mengenai sikap, motivasi ,dan kesungguhan siswa mengikuti proses belajar mengajar matematika maupun kesungguhan dan cara mengerjakan soal-soal matematika menjadi meningkat

E.       TEKNIK ANALISIS DATA
     Data yang diperoleh  dari hasil penelitian ini selanjutnya akan dianalisis secara deskriftif dengan melihat hasil belajar matematika siswa  yang diperoleh dalam proses pengerjaan tugas rumah melalaui kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika.Hasil analisis deskriftif  tersebut ditampilkan dalam bentuk  skor untuk mendapat kesimpulan dalam penelitian ini, seperti yang diungkapkan  Arikunto (2000) sebagai berikut :
Tabel 1. Pengkategorian interval  skor pada tingkat penguasaan soal-soal  matematika
NO
INTERVAL
KATEGORI
1.
8,1-10,0
Sangat Tinggi
2.
6,6- 8,0
Tinggi
3.
5,6- 6,5
Sedang
4.
4,1 – 5,5
Rendah
5.
0 – 4,0
Sangat Rendah

Indikator Penelitian
Yang menjadi indicator keberhasilan penelitian ini adalah apabila kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika sudah mencapai tingkat penguasaan berdasarkan nilai standar  KKM

  







No comments: