Thursday, July 17, 2014

MIND MAP



Mind Map adalah suatu teknis grafis yang memungkinkan kita untuk mengekplorasi seluruh kemampuan otak kita untuk keperluan berpikir dan belajar. Mind map mensinergikan kedua belah otak yaitu otak kiri dan otak kanan di dalam belajar.

Penemu Mind Map adalah Mr. Tony Buzan, tokoh otak dan kecerdasan dari UK. Dalam buku Mind Map for kids, Tony Buzan menyatakan bahwa Mind Map adalah salah satu alat berpikir dan tools belajar dengan mengoptimalkankemampuan otak kiri dan otak kanan & cara kerja mind map sesuai dengan cara kerja alamiah otak manusia.

Sebagai contoh untuk mengilustrasikannya coba anda bayangkan salah satu jenis buah-buahan misalnya buah apel!...
Nah! Sekarang apa yang terbayang?
Tentu saja yang terbayang bentuk buah apel, warna, dll. Disini jelas terbukti bahwa cara kerja alami otak kita lebih cendrung berupa gambar atau image, daripada bahasa verbal,tertulis atau lisan.

Keunggulan Mind Map
Keunggulan Mind Map tidak hanya dinilai dari apa yang terlihat secara kasat mata, namun hal yang menjadi dasar pembuatan mind map menjadi keunggulan tertentu dalam penerimaan informasi di dalam otak, berikut ini adalah landasan-landasan perinsip pembutan mind map:
1.                  Gambaran keseluruhan
Mind map juga memungkinkkan penggunaannya melihat gambaran keseluruhan sekaligus secara detail. hal ini seperti membaca sebuah peta.
 2.                Detail informasi
Seperti halnya saat melihat sebuah peta perjalanan.kita tidak akan bingung menghubungkan antara rumah kita dengan tujuan perjalanan kita karena semua jalan sudah ”terhubung”. Begitu juga otak kita saat membaca sebuah mind map.
3.                  Kata kunci yang ”kuat”
Otak kita hanya mampu mengingat informasi berupa kata dan gambar. dalam suatu materi pelajaran rata-rata hanya terdapat 15% kata kunci saja, namun ironisnya 85% waktu kita justru tersita untuk membaca dan mempelajari yang tidak penting, atau yang bukan merupakan kata kunci tersebut.
4.                  Gambar mengaktifkan otak kanan
Penggunaan gambar dan ilustrasi dalam belajar akan mengaktifkan otak kanan kita. Dan menyeimbangkan dengan otak kirinya (mind map menggunakan banyak gambar).
5.                  Warna menyenangkan otak kita
Penggunaan warna juga mengaktifkan otak kanan kita. Otak diciptakan untuk menikmati warna-warni dalam kehidupan. Dan salah satu tujuan mind map adalah agar belajar menjadi menyenangkan.
6.                  Pengelompokan informasi
Informasi yang telah dikelompokan akan mudah diingat!
7.                  Hirarki informasi
Suatu materi pelajaran yang sudah tersusun hirarkinya akan jauh lebih mudah dipahami.
8.                  Hubungan antara informasi
Suatu informasi akan lebih mudah diingat kalau terasosiasi dengan informasi lain yang sudah kita ingat sebelumnya.
9.                  Tata ruang
Pusat mind map ada di tengah-tengah kertas agar menarik perhatian mata dan otak kita. Sesuatu yang menarik perhatian mata dan otak kita pasti akan mudah untuk fokus.
10.              Unik
Sesuatu yang unik akan lebih mudah diingat oleh otak kita. Mind map sifatnya unik karena hasilnya berbeda untuk setiap individu walaupun untuk materi pelajaran yang sama. Keunikan mind map terjadi karena setiap orang mempunyai pancaran pikiran yang berbeda-beda.

No comments: